Kunci Merawat Hewan

Memiliki hewan peliharaan memang mengasikkan, baik itu sebagai hobi atau sebagai usaha yang menghasilkan seperti peternakan.

Dalam memelihara hewan kita harus mengetahui apa saja kebutuhan peliharaan kita, supaya hewan tidak stress, sakit dan mati. Sayang kalau sudah dibeli, apalagi mahal, apalagi termasuk hewan yang langka. Bukan karena itu saja, paling tidak kita bisa melestarikan satu atau beberapa hewan yang ada di alam semesta raya ini.

Oke langsung ke pokok bahasan, berikut kami jelaskan apa saja yang harus kita lakukan untuk merawat hewan kesayangan :

1. Pahami karakter
Hal ini sangat penting, karena dengan memahami karakternya kita bisa mengetahui apa saja yang dia butuhkan dalam kesehariannya. Cari tahu apa saja makanannya, bagaimana perilakunya di alam liar, hal-hal apa saja yang membuatnya tidak nyaman. Misal kita memelihara burung, pertama siapkan sangkar yang sesuai dengan ukurannya, berilah tangkringan dari kayu, sediakan tempat mandi, dan jemurlah di pagi atau sore hari. Paling tidak kita ciptakan lingkungan yang mirip dengan kondisi di habitat aslinya.
Untuk hewan yang bertipe koloni seperti burung pleci dan lovebird, usahakan memelihara lebih dari satu. Karena di habitatnya mereka hidup berkelompok, dan dari hasil pengamatan kami hewan yang memliki kebiasaan berkelompok/ koloni akan lebih senang jika ada beberapa hewan sejenis di lingkungannya. Hal ini kita lakukan untuk menghindari stress pada hewan peliharaan kita.

2. Penuhi kebutuhan nutrisi
Sebagai mahluk hidup makanan adalah salah satu kebutuhan pokok untuk melangsungkan hidupnya. Sediakan makanan yang bervariasi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Buatlah jadwal untuk mengelola pola makannya. Misal kita memelihara ikan arwana, setiap sore diberikan jangkrik, setiap senin kelabang, rabu kecoa, jumat dan sabtu udang, minggu ikan kecil.
Tapi ingat porsi pemberian makanan harus sesuai, pada hewan tertentu pemberian yang terlalu banyak akan menyebabkan hewan over birahi yang akan membuat hewan menjadi galak. Pada umumnya pemberian makanan berlebih dapat menyebabkan obesitas yang dapat mengganggu kesehatannya. 
Sebagian hewan memerlukan perlakuan khusus pada makanannya sebelum kita berikan. Misal pada hewan pemamah biak seperti kelinci dan sapi, pemberian rumput basah kurang baik untuk pencernaannya. Jadi rumput yang diberikan haruslah dilayukan terlebih dahulu.
Kalau perlu berikan juga multivitamin untuk mencukupi kebutuhan gizinya.

3. Sediakan air
Air merupakan sumber kehidupan. Jadi yang namanya mahluk hidup pasti membutuhkan air. Pada hewan air dibutuhkan untuk menghidrasi tubuhnya. Karena hewan yang kekurangan air akan mengalami gangguan kesehatan. Pemberian air haruslah menggunakan air yang bersih dan terhindar dari bibit penyakit.
Selain untuk minum air juga dibutuhkan untuk mandi yang mana selain untuk membersihkan tubuh, mandi juga berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh hewan. Minimal 1 minggu sekali gunakan shampo atau cairan anti septik yang dicampurkan dengan air mandinya. Hal ini untuk mengusir parasit seperti kutu, tungau dan mikro organisme pada hewan, terlebih bagi hewan berbulu yang sangat mudah menjadi inang bagi parasit.

4. Jaga kebersihan
Kebersihan adalah faktor yang tidak kalah pentingnya bagi kesehatan hewan peliharaan. Bersihkan tempat makanan, minuman, dan seluruh kandang minimal 1 minggu sekali dari sisa makanan dan kotoran dari si hewan. Gunakan cairan antiseptik untuk membunuh kuman jangan sampai menjangkit tubuh peliharaan kita.

5. Jalin keakraban
Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan kita (hal ini tidak kami sarankan jika anda memelihara hewan yang berbahaya seperti ular, macan, dll), kecuali anda memiliki kemampuan khusus untuk menangani hewan tersebut. Berinteraksilah pada saat memberi makan, membersihkan kandang, memandikan, atau pada kesempatan lainnya. Karena akan lebih mengasikkan jika sudah terjalin ikatan emosional antara pemilik dan hewan peliharaannya.

6. Bergabunglah dengan komunitas
Bergabung dengan komunitas pemelihara hewan akan membantu mendapatkan informasi detil tentang hewan yang kita pelihara, seperti makanan, kebiasaan, penyakit serta obat-obatan, dan informasi lainnya.

Perlu diperhatikan jika anda ingin memelihara hewan yang termasuk dalam daftar hewan dilindungi sebaiknya anda memiliki ijin tertulis dari Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat.

Oke sekian dulu tulisan kami terima kasih dan semoga bermanfaat...!!!

0 komentar:

Posting Komentar